Sabtu, 19 Februari 2011

Mengapa Stres Bisa Picu Sakit Perut?

Saat kita sedang nervous atau tegang seringkali perut mendadak mulas dan sakit. Sebenarnya, adakah kaitan antara perut dan stres atau hal itu hanya terjadi pada sebagian orang saja?
Menurut Kamila S.White, psikolog dari University of Missouri, St.Louis, Amerika, rasa cemas dan stres bukan cuma bisa menimbulkan sakit perut, tapi juga sakit kepala, nyeri punggung dan insomnia. Penelitian tahun 2002 yang dilakukan terhadap 1.953 pria dan wanita menemukan, mereka yang mengalami level stres sangat tinggi mengalami sakit perut lebih sering dibanding orang-orang yang lebih rileks.
Kaitan antara stres dan sakit perut ini memang masih belum jelas, namun salah satu teori mengatakan sistem pencernaan dan otak berbagi jalur saraf yang sama. Sehingga, ketika pikiran bereaksi pada stres, pencernaan pun akan menangkap sinyal yang sama.
“Itu sebabnya gangguan perut seringkali teratasi dengan latihan meditasi atau usaha rileksasi,” kata White. Mesti begitu, temui dokter Anda bila gangguan perut terus terjadi untuk mencari kemungkinan penyakit lainnya.
Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar